Sipardalan News: HOTEL yang buruk buat Orang Batak


Sipardalan News: HOTEL yang buruk buat Orang Batak
Horas donganss, Dikarenakan sibuk dengan beberapa aktifitas dan keberadaan saya jauh dari sinyal internet. setelah beberapa lama saya tidak membuat beberapa artikel lagi, kali ini saya menyempatkan diri saya untuk menulis lagi. Setelah saya lama tinggal di kampung halaman, kali ini saya akan membahas tentang beberapa sifat yang harus diubah oleh saudara saudara saya orang batak khususnya dikampung saya. Karena sering saya temukan disini, sifat inilah yang membuat citra buruk dan membuat Bonapasogit kita tidak bisa maju dan tidak bisa berkembang, bahkan orang-orang tidak akan berkunjung ke kampung kita dan mereka akan menilai buruk kita. Mungkin dari dongans pernah mendengar istilah 'HOTEL'. Perlu dongans ketahui bahwa 'HOTEL' sering disebutkan orang orang kepada kita, kepanjangan dari 'HOTEL' adalah HOsom, Teal, Elat dan Late. Setelah mengetahui ini pasti ada beberapa dongans langsung mengetahui arti dari empat kata sifat itu. Dari keempat arati ini saya akan menjelaskannya sebagai berikut :


1. Hosom
Hosom adalah sifat membenci, pendendam atau permusuhan, dendam kepada orang lain disebabkan antara kepentingan satu sama lain.Bukan hanya orang Batak saja yang mempunyai sifat ini, dikarenakan ini adalah sifat buruk semua orang yang ada di dunia ini. Tapi dongans, entah kenapa sifat ini banyak sayaa temukan dikampung saya. Padahal setahu saya, jika ada terjadi perselisihan akan terjadi rekonsiliasi, seperti yang dikatakan para orang tua kepada kita, 'Dang Paguguthonon na so sira tu ianakhon', kalimat ini adalah larangan keras agar tidak mewariskan dosa warisan kepada keturunannya.Hosom ini adalah sifat yang sering saya temukan dikampung saya, padahal orang batak khususnya orang Toba bukanlah tipe membenci atau pendendam, buktinya adalah orang-orang Batak Toba yang berada di Pulau Jawa hingga Papua sangat mudah berinteraksi dengan komunitas-komunitas lain.

2. Teal
Teal adalah sifat personal yang sangat angkuh atau sombong, menganggap segala sesuatu enteng. Jika dikatakan 'Pateal-tealhon' artinya berbuat seolah-olah besar tetapi tidak ada apa-apanya. Misalnya : meninggikan diri, berlagak orang kaya tetapi keadaan sebenarnya berbeda jauh.Sifat ini sangat memang dimiliki individu termasuk dikampung saya.

3. Elat
Elat adalah sifat yang cemburu, iri atau sirik. Elat adalah sifat yang negatif tidak mampu bersaing sehat dan tidak mau mengakui kelebihan orang lain. Sifat ini adalah sifat negatif dari diri manusia didunia, tapi ini adalah salah satu sifat yang paling banyak saya temukan dikampung saya dongans. Senang melihat Susah, Susah melihat orang senang, mungkin kita sering mengenal istila (SMS). Saya rasa, ini adalah sifat yang harus dibuang jauh oleh kita dongans, karena kesuksesan orang lain akan berdampak positif terhadap diri kita, baik langsung maupun tidak langsung.

4. Late
Late adalah sifat ingin merusak, menghancurkan keberhasilan orang lain bahkan saudara kita sendiri. Sifat ini adalah karakter buruk seseorang akibat tidak suka atau tidak senang melihaat keberhasilan yang dicapai orang lain. Suka mengusik bahkan merusak kebahagiaan orang lain dipengaruhi dari otak dan hati yang tidak baik dari seseorang.Sifat ini paling saya sering saya temukan dari ibu-ibu yang ada dikampung, mulai dari menggosipi seseorang bahkan bapak-bapak dan anak muda yang sering berada di kode tuak.


Dari Keempat sifat ini sangat erat hubungannya, Teal bisa timbul dari Elat, perasaan ingin dan melebihi dari orang lain. Elat yang tidak terkendali akan menjadi Late. Dari ketiga sifat itu dapan menimbulkan Hosom yaitu rasa Dendam dan kebencian. Bagi saya, inilah yang harus diperbaiki dari orang Batak yang ada di Bonapasogit, karena kalau itu bisa kita hilangkan. Saya percaya Orang-orang semakin banyak akan berwisata ke Danau Toba dan kampung kita akan maju dan Danau Toba kita akan menjadi terkenal lagi di Dunia. Ingat juga dongan, Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Horasssss.......



Komentar