SIPARDALAN NEWS: Air Terjun Tonduhan, Simalungun



SIPARDALAN NEWS: Air Terjun Tonduhan, Simalungun

Horas donganss...

sehat donganss? pasti la ya, hehe.
masih setia membaca artikel saya?? saya harap masih setia, apalagi buat para dongans yang masih ada mudar bataknya, karena tidak akan bosan membaca tiap artikel yang saya buat ini.

kali ini saya ingin mengenalkan sedikit tentang wisata yang ada yang ada di kabupaten Simalungun, dimana daerah ini kampung ke dua saya setelah Tanggabatu (Tobasa). Belum banyak yang mengenal objek wisata ini, dimana wisata ini adalah Air Terjun Tonduhan atau juga sering disebut Air Terjun Sipitu Tika, semoga melalui artikel ini para dongans mulai banyak tau tentang wisata ini. selamat membaca.

AIR TERJUN TONDUHAN
Air Terjun Sipitu Tika atau biasa disebut juga dengan air terjun Tonduhan
Tanah Jawa ternyata menyimpan pesona alam yang begitu indah. Air Terjun Tonduhan ini sangat indah dan mempesona. Terletak di desa Buntu Bayu Kecematan Tonduhan, diperkebunan kelapa sawit. Air Terjun ini di aliri sungai Bahapasu dimana agar bisa tiba ke tempat Air Terjun Tonduhan ini kita perlu melewati Kota Siantar lalu menuju Kecamatan Hatonduhan, Simpang Buntu yang memakan waktu sekitar setengah jam. Jalur yang di lewati pun memacu adrenalin para penikmat alam. Sebab untuk mencapai lokasi tidak dapat dilalui dengan kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Ini karena kita harus melalui tiga anak sungai yang salah satunya sungainya terdapat jembatan gantung yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jalan menuju air terjun tidak beraspal namun cukup baik dan rata. Kita harus melewati persawitan untuk dapat ke air Terjun ini. Air Terjun Tonduhan ini tidak lah terlalu populer dan mungkin hanya ramai dikunjungi warga sekitar Siantar dan Tanah Jawa. Untuk sampai di bawah air terjun, kita harus menuruni anak tangga yang telah dibuat oleh pengelola, namun jika malas turun, kita juga masih bisa menikmati dari atas saja, Seperti Air Terjun Sipiso-piso yang dari jauh saja sudah bisa dilihat.
Sungai aliran air terjun tonduhan
Keindahan alam yang memukau di Air Terjun Tonduhan memang luar biasa, selain karena jarang dikunjungi oleh wisatawan dan juga karena tempat ini bukanlah objek wisata yang dibuka untuk umum adalah alasan mengapa keasriannya masih terjaga dengan sangat alami.
Air terjun tondihan dari bawah
Pemandangan eksotis nan memanjakan mata, tetapi membutuhkan pengorbanan yang wow juga setelah menghadapi perjalanan yang menguras tenaga. Keindahan panorma alam dengan suguhan dua air terjun berdekatan yang menyegarkan mata sehingga anda dijamin akan betah berlama-lama di objek wisata di Simalungun yang satu ini. Terdiri dari tujuh tingkatan, gemericik air yang melewati bebatuan terdengar begitu riuh.
Di sela-sela aliran air terdapat beberapa jenis tumbuhan yang seolah-olah memberi asumsi betapa kuatnya pohon tersebut untuk tetap bertahan diantara derasnya air yang mengalir.
Buat yang ingin berenang di air terjun ini, jangan takut. Karena pengelola sudah menyiapkan orang sebagai pengawas jika ada yang berenang dan terjadi hal yang membahayakan seperti tenggelam, mereka sudah siap untuk menolong. Buat dongans yang penasaran ingin ke tempat ini ayo silahkan, selamat menikmati Kepingan kecil Surga di bumi Batak. Mauliate.
MS

Komentar