Biografi: Darwin Siagian


Ir.  Darwin Siagian, MSc lahir di Siria-ria (Kecamatan Silaen), Tapanuli Utara5 Oktober 1952; umur 65 tahun. Beliau adalah Bupati ke 4 Di Kabupaten Toba Samosir (Pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara) sejak 12 Februari 2016. 

 Baca juga:

Awal Karir :
Darwin Siagian yang selama ini berkarya di Papua sebagai mantan Kadis PU di Kabupaten Pegunungan Bintang (Provinsi Papua). Latar belakang pendidikan beliau adalah Alumni Teknik Sipil USU Medan dan alumni SMA BTB Balige Kabupaten Tobasa.
Beliau menyampaikan saat kembalinya dari Provinsi Papua ke Kabupaten Tobasa didorong oleh para komunitas Batak yang ada di Papua (yang jumlahnya 2.000 kepala keluarga) menginginkan agar Beliau menjadi Bupati di kampung mereka. Selama 30 tahun Ia menjadi Pegawai Negeri Sipil di Dinas PU Papua, pengalaman yang sulit untuk membangun Papua dan hal itulah yang ingin Ia terapkan di Tobasa. 
Kemudian Ia maju sebagai calon Bupati Tobasa lalu Beliau merangkul dan mengajak Ir. Hulman Sitorus yang merupakan alumni pertanian IPB Bandung sebagai calon Wakil Bupatinya. Sehingga mereka merasa yakin mampu bergandengan tangan untuk memajukan Tobasa. 
Visi-Misi mereka dikenal dengan 'Tobasa Hebat 2020', untuk mewujudkan Visi ini, pasangan ini dulu sering dikenal dengan sebutan Win-Man, untuk mewujudkan Visi mereka, yang pertama adalah mewujudkan Tata Pemerintahan yang baik dan bersih dengan memastikan kenyamanan PNS dalam memberikan pelayanan kepada rakyat. Kedua adalah mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi serta fasilitas umum lainnya. 
Ketiga yaitu ; meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan insetif khusus bagi para guru yang mengabdi didaerah terpencil. Demikian juga dibidang pelayanan kesehatan. Keempat adalah menggelorakan semangat pembangunan dari desa ke kota sebagaimana program Presiden RI (Joko Widodo). 
Kelima adalah memberdayakan masyarakat adat dengan melakukan pendekatan nilai-nilai kearifan lokal, berbasis budaya Batak. Dan Keenam yaitu menjamin asas keadilan bagi masyarakat (agama, suku dan komunitas masyarakat lainnya. 
Untuk Program Utama WinMan terdiri dari empat hal yakni Tobasa Sejahtera, Tobasa Membangun, Tobasa Sehat dan Tobasa Cerdas.
Menjabat Bupati :
Akhirnya Darwin Siagian terpilih menjadi bupati pada Pemilihan umum Bupati Toba Samosir 2015. Darwin-Hulman memperoleh suara terbanyak, sebesar 39.990 suara atau (42,81%).
sumber : wikipedia
MS

Komentar

Posting Komentar