SIPARDALAN NEWS: Tahun Baru Batak - SIPAHASADA


SIPARDALAN NEWS: Tahun Baru Batak - SIPAHASADA

Horas dongannn...

Dalam perhitungan Kalender Batak, jumlah hari dalam 1 bulan adalah 29 dan 30 hari secara bergantian. Namun setiap di tahun ke-3 atau sekali dalam 3 tahun kalender batak akan memiliki 13 bulan atau bulan ke-13 yang disebut Lamadu. 


Dalam perhitungannya, penetapan Tahun Baru Batak yang jatuh pada SIPAHASADA (bulan pertama) tanggal 1 dan hari Artia, tidak selalu sama disetiap Kalender Masehi. Namun penetapan itu selalu terhitung maju, misalnya, jika pada tahun 2017 masehi tahun baru Batak jatuh pada hari Minggu tanggal 26 Februari, maka ditahun 2018  masehi, tahun baru batak akan jatuh antara tanggal 14-16 Februari. Jadi, setiap hari dalam 1 minggu, namanya tidak pernah sama. 

Kalau dalam Kalender Masehi dari Senin sampai Minggu dan kemudian kembali lagi ke senin dalam waktu 7 hari dalam kalender batak tidak seperti itu. Tetapi dari hari ARTIA pada tanggal 1 hingga hari Hurung pada tanggal 29 atau hari RIngkar pada tanggal 30, kemudian kembali ke hari Artia ditanggal 1. Ompung Na Jolo (Nenek Moyang) Bangso Batak menentukan hari berdasarkan alam. Seperti munculnya bulan purnama sekali sebulan, maka lahirlah hari Tula pada tanggal 15 dalam Bangso Batak yang berarti bulan penuh atau purnama. Hari Tula itu adalah hari saat munculnya bulan penuh.

Karena itulah makanya nenek moyang kita menentukan hari itu berdasarkan alam. Meski begitu, Bangso Batak tidak ada melakukan acara pesta atau doa setiap tahun baru. Dan saat ini bangso Batak penganut Agama leluhur/Parmalim sedang merayakan syukuran SIPAHASADA, yang artinya menurut sejarah adalah hari yang memperingati hari kelahiran Tuan Simarimbulu Bosi di Hari Suma dan Anggara.

Kalender Batak terdapat 12 bulan yakni:
SIPAHASADA (bulan ke-1)
SIPAHADUA (bulan ke-2)
SIPAHAOPAT (bulan ke-4)
SIPAHALIMA (bulan ke-5)
SIPAHAONOM (bulan ke-6)
SIPAHAPITU (bulan ke-7)
SIPAHAUALU (bulan ke-8)
SIPAHASIA (bulan ke-9)
SIPAHASAMPULU (bulan ke-10)
LI (bulan ke-11)
HURUNG (bulan ke-12)


MS

Komentar