SIPARDALAN NEWS: Rumah Adat Batak di Jerman, 'Batakhaus'

Batakhaus di Weperloh

SIPARDALAN NEWS: Rumah Adat Batak Di Jerman, 'Batakhaus'

Horas, Ale dongan.
Buat dongans, kali ini saya ingin membagikan info tentang ada rumah adat kebanggaan kita berdiri kokoh di Jerman, ini sebuah kebanggan buat saya sebagai orang batak dan lebih khusus bangga sebagai partoba.
 Di Jerman lebih tepatnya di daerah Weperloh terdapat rumah adat batak yang disebut dengan Batakhaus. Sementara yang kita kenal rumah adat ini disebut Rumah Bolon. Batakhaus berdiri atas inisiatif Pastor Matthaus pada tahun 1978.
Batakhaus sama saja dengan Rumah Bolon, bentuknya segi empat layaknya rumah panggung pada umumnya. Di bagian depan terdapat tangga sebagai jalan masuk ke dalam rumah, tepat di tengah-tengah. Rumah panggung ini pun disangga oleh tiang-tiang penopang. Sementara itu atapnya menyerupai bentuk pelana kuda.

Bahan yang digunakan untuk membuat Batakhaus adalah kayu ek serta ilalang untuk bagian atap. Ornamen yang terdapat pada Batakhaus pun seperti ornmen yang biasa digunakan oleh orang-orang Suku Batak.
Batakhaus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas tengah, dan bawah. Bagian atas diperuntukkan bagi roh leluhur, bagian tengah untuk keluarga, kemudian bagian bawah untuk binatang peliharaan. Rumah adat ini telah dijadikan tempat wisata dan juga sebagai museum sehingga wisatawan di Jerman bisa mengenal salah satu harta karun Indonesia.
Tentunya dongans pasti patut bangga melihat rumah adat kita eksis di negara lain. Mauliate-Dankeschoen
MS

Komentar