SIPARDALAN NEWS: 12 Zodiak Batak (12 Pamesana)



SIPARDALAN NEWS: 12 Zodiak Batak (12 Pemesana)

Horas Donganss...

Ini agak unik setelah saya semakin banyak mendalami segalanya tentang batak, saya pun menemukan ternyata oppung-oppung dulu sudah mengenal ilmu astrologi, dimana selama ini yang kita pernah mendengar kalau ilmu Astrologi berasal dari Yunani atau Cina.

Tapi, taukah dongans kalau ternyata sejak jaman dulu oppung-oppung dulu juga sudah mempelajari waktu dan rasi bintang. Menurut Oppung-oppung dulu, kelahiran seseorang dikatakan dengan peribahasa 'Masiboan Pordana do tu langgu ni sasabi, masiboan bagianna do tu si ulu balang ari'. Dimana artinya adalah bahwasanya biarlah setiap orang sesuai dengan perilakunya, setiap orang adalah lain. Astrologi berasal dari Bahasa Yunani yang berarti Ilmu Perbintangan. Astrologi Batak mencakup pembagian/penamaan waktu dan penarikan dimensi bintang yang disebut Pamesana 12 atau 12 Zodiak Batak. 



Pamesana-12 orang Batak mempunyai dasar perkiraan dan simbol zodiak sebagai berikut: 

1. Marhumba 
Kelahiran 9 Februari sampai 10 Maret dilambangkan dengan simbol Hudon atau dalam bahasa ramal Marhumba Periuk.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Ini mempunyai sifat sosial, umumnya mereka mudah menyesuaikan diri dengan orang lain. Banyak taktiknya dan disukai orang lain. Hanya saja sering pelupa, sehingga sering dianggap sebagai orang yang ingkar janji. Cocok menjadi guru, datu, dan tabib.
2. Mena
Kelahiran 11 Maret sampai 12 April dilambangkan dengan simbol ikan (Mena).
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Mempunyai sifat suka mengalah, lincah, dan agak kikir serta suka bergaul dan rukun. Keberuntungannya cenderung menyukai perdamaian daripada keributan. Cocok menjadi seniman, supir (*Supir juga bisa banyak uang loh, jangan salah, hehe).

3. Gorda
Kelahiran 13 April sampai 14 Mei dilambangkan dengan simbol kambing (Gorda).
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Mempunyai sifat agak cengeng dan suka akan hal-hal baru. Daya pikirnya luas dan selalu ingin berkembang dan liar. Sifat pantang mundurnya menyebabkan dia dapat menjadi pemimpin yang sukses. Cocok menjadi pegawai, guru, Datu, pengembara, wartawan, tentara.

4. Marsoba
Kelahiran 15 Mei sampai 16 Juni disebut Marsoba.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan simbol kupu-kupu. Mempunyai sifat sabar, telaten, dan lamban menyesuaikan diri. Ia pemikat yang jitu. Tapi kalau sudah marah, bisa frustasi dan hancur-hancuran. Dia pandai berhemat, tetapi kalau menginginkan sesuatu tidak menanggung resiko apapun. Cocok menjadi seniman, perawat, juru runding, pemasaran, dan pengusaha.

5. Nituna
Kelahiran 17 Juni sampai 18 Juli disebut Nituna.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan cacing. Mempunyai sifat sosial. Sifatnya yang kurang baik adalah pendapatnya yang sering berubah dengan kata lain tidak berpendirian tetap. Tetapi daya pikirnya luas dan jiwanya selalu hidup tak senang pada perubahan baru. Cocok menjadi pionir, serdadu, polisi, perencana, dan pelaut.

6. Makkara
Kelahiran 19 Juli sampai 20 Agustusdisebut Makara.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan simbol kepiting. Mempunyai perasaan sangat halus dan suka menyendiri. Sifat penyayangnya amat besar, terutama terhadap binatang. Golongan ini tidak senang foya-foya, lebih senang hidup di rumah daripada bepergian. Cocok menjadi serdadu, penyawah, saudagar, tabib, dan rohaniawan.

7. Babiat
Kelahiran 21 Agustus sampai 22 September disebut Babiat.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan singa. Ia bersifat jujur, pemberani, dan terus terang. Karena itu di mana-mana ia dipercaya orang. Sayangnya dia sangat mudah naik darah walaupun cepat juga menjadi baik. Cocok menjadi serdadu, guru, Datu, pendekar, dan pelopor.

8. Hania
Kelahiran 23 September sampai 24 Oktober, disebut Hania
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan simbol elang yang berarti kesucian. Sifatnya yang tampak adalah kritis, jadi cocok kalau jadi kritikus. Dia tidak mau menerima apa saja yang diterangkan seseorang dan pekerjaannya selalu rapi. Golongan ini tidak senang menonjolkan diri di depan umum, dan firasatnya amat tajam. Cocok menjadi pedagang, saudagar, pelaut, dan pionir.

9. Tola
Kelahiran 25 Oktober sampai 26 November disebut Tola.

credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan pohon. Biasanya tidak mudah tersinggung. Perasaannya halus. Dalam mengambil keputusan kadang-kadang tampak lambat sehingga sukar dipengaruhi. Kurang pandai menyesuaikan diri dalam pergaulan dan senang berpakaian indah. Cocok menjadi guru, petani, padri, tabib, dan pimpinan.

10. Martiha
Kelahiran 27 November sampai 28 Desember dinamai Martiha
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Dilambangkan dengan simbol batu. Mempunyai semangat kuat dalam menempuh segala hal. Sifatnya yang agak aneh ialah sering merahasiakan sesuatu dan tertutup. Biasanya tabah dalam menghadapi segala rintangan. Ulet dan tidak suka bersenda gurau. Cocok menjadi datuk, pendekar, peneliti, serdadu.

11. Dano
Kelahiran 29 Desember sampai 30 Januari disebut Dano, dilambangkan dengan air.
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Mempunyai sifat berani mengadu untung. Biasanya mempunyai tubuh yang kuat hingga cocok menjadi olahragawan. Cerdas dan rajin bekerja. Berjiwa sosial tinggi tetapi kadang-kadang sombong. Cocok menjadi rohaniawan, tabib, guru, intelijen.

12. Harahata
Terakhir kelahiran 31 Januari sampai 8 Februari disebut Harahata
credits to Bataknesia IG: @bataknesia
Disimbolkan dengan kodok, mempunyai sifat tekun mengerjakan sesuatu, pantang mundur. Tetapi ia tidak mudah percaya akan omongan orang. Cocok menjadi penyanyi, sastrawan, pengarang, budayawan, wartawan, penulis.

Itulah dongan Pamesana 12 atau 12 Zodiak Batak, gimana?? Unik kan?? Percaya ga percaya kembali ke dongans, artikel ini saya tulis untuk bisa menjadi wawasan baru buat dongans yang belum tau. Horas, Mauliate....


MS


Komentar

Posting Komentar